Musthopz's Site

Share Everything.

Contoh Etika Dalam Penggunaan Teknologi Informasi


etika

Pada zaman yang serba canggih sekarang ini banyak perkembangan yang sangat pesat yang sudah terjadi dibanding sebelumnya terutama dalam bidang teknologi. Teknologi merupakan suatu sarana bagi manusia bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Teknologi dapat mendukung suatu aktifitas manusia di masa ini terutama dalam hal teknologi informasi. Teknologi informasi biasa digunakan oleh manusia untuk membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan atau menyerbarkan informasi. Dalam hal ini tekonologi informasi dapat dilakukan melalui internet dengan contoh seperti media sosial dan lain-lain.

Media sosial merupakan suatu contoh manusia dalam memanfaatkan kemajuan dalam bidang tekonologi informasi, dengan media sosial manusia dapat saling berinteraksi, mempubklikasi kan informasi maupun hal-hal tertentu. Orang yang menggunakannya pun sudah tidak kenal umur, baik dari yang tua sampai yang muda maupun dari kalangan yang atas sampai kalangan yang rendah. Ini disebabkan oleh tingginya manfaat yang diberikan oleh peran media sosial dalam teknologi informasi untuk melakukan interaksi dan berbagi informasi apapun di dalamnya.

Dalam memanfaatkan kemajuan teknologi yang semakin pesat ini khususnya dalam teknologi informasi, manusia tidak boleh sembarangan dalam melakukan interaksi ataupun publikasi dalam media sosial. Di dalam teknologi informasi dikenal dengan istilah etika, etika adalah suatu kesediaan seseorang dalam berperilaku secara sadar untuk menaati ketentuan dan norma kehidupan yang berlaku dalam suatu kelompok atau organisasi.

Apa saja contoh – contoh kode etik dalam penggunaan teknologi informasi ? contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Sangat ditekankan untuk menghindari dan tidak mempublikasikan informasi dalam bentuk apapun yang berkaitan dengan hal-hal pornografi atau nudisme. Apa itu nudisme ? nudisme merupakan suatu gerakan kultural dan politik yang mempraktikkan, menganjurkan, dan mempertahankan pergaulan telanjang baik dalam lingkungan pribadi maupun umum.
  2. Sangat ditekankan untuk menjauhi atau menghindari tindakan untuk mempublikasikan informasi dalam bentuk apapun yang memiliki kemungkinan untuk menyinggung seseorang ataupun kelompok, agama, suku dan ras. Dan juga untuk menghindari usaha-usaha yang masuk dalam kategori penghinaan, pelecehan, pendiskreditan, penyiksaan dalam bentuk apapun baik dalam perorangan maupun suatu kelompok.
  3. Sangat ditekankan untuk menjaga tidak mempublikasikan informai dalam bentuk apapun dengan tujuan untuk menghasut atau memberikan intruksi-intruksi yang melawan atau bertentangan dengan hukum yang ada khususnya di Indonesia dan umumnya dalam hukum internasional.
  4. Sangat ditekankan untuk menghindari atau tidak menampilkan segala bentuk tindakan eksploitasi terhadap anak sekecil apapun.
  5. Sangat ditekankan untuk tidak diperkenankan dalam mempublikasikan informasi dalam bentuk apapun yang berkaitan dalam tindakan untuk hacking, sniffing, cracking maupun pirating.
  6. Menggunakan atau mencantumkan sumber dari pemilik dalam mengambil sebuah informasi darimanapun misalnya mengambil gambar, foto, script, program, tulisan, animasi, suara ataupun informasi lainnya dan bersedia untuk mencabut informasi yang telah di publikasikan apabila pemilik dari sumber tersebut keberatan. Dan juga harus bertanggung jawab penuh atau apapun yang mungkin terjadi karena hal-hal tersebut.
  7. Tidak diperkenankan untuk melakukan hal-hal apapun yang berkaitan dalam melakukan serangan pada suatu produk ataupun resource yang dimiliki oleh pihak lain.
  8. Sangat menghormati segala bentuk kententuan ataupun norma yang berlaku di masyarakat khususnya dalam penggunaan internet misalnya dalam hal bertanggung jawab tentang apapun atas isi yang berada di dalam situsnya.
  9. Apabila dalam suatu kelompok terdapat suatu pelanggaran, maka anggota dapat menegur atasannya.

Pada contoh etika tersebut dapat disimpulkan bahwa pengguna internet tidak boleh sembarang melalukan pertukaran atau penyebaran informasi yang berpotensi dapat merugikan seseorang, kelompok, organisasi ataupun sebuah negara. Pengguna yang baik dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi secara pintar dan terkontrol.

Single Post Navigation

Tinggalkan Jejak anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: