Musthopz's Site

Share Everything.

Pengantar Telematika (Tugas 2)


f2d9f-10473169-hand-pushing-a-button-on-a-touch-screen-interface-stock-photo

FITUR PADA ANTARMUKA TELEMATIKA

Apa yang dimaksud dengan antarmuka dan telematika itu sendiri?

  • Pengertian Telematika adalah bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
  • Pengertian Antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi.

Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu  Command Line Interface (CLI) dan Graphical UserInterface (GUI). Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna(user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.user interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apayang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam memakai/ menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan/ membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.

 

Jenis-jenis Antarmuka

 

  1. Command Line Interface (CLI) :

 

CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasimelalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu. Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lainsebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannyaPowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkanpada Apple namanya adalah commandshell.

 

CLI umum digunakan pada sistem operasi berbasis Unix, Linux maupun lainnya terutama untuk pemrograman sistem dasar seperti : fungsi date untuk menampilkanwaktu pada sistem, uname, echo, ifconfig dsb. CLI sangat berhubungan dengan bahasapemrograman yang digunakan pada sebuah sistem operasi atau yang biasa dikenaldengan shell yaitu lingkungan bahasa pemrograman tertentu yang digunakan dalammembangun atau mengembangkan sistem operasi tersebut.

 

Beberapa contoh bahasa pemrograman yang berhubungan dengan CLI dan shell :

* csh atau C-Shell

* sh atau Shell

* bash atau Born Again-Shell

 

* ksh atau Korn-Shell

* dsb

 

Beberapa contoh input dan output sederhana dari sebuah perintah berbasis CLI :

 

$ echo halo

halo

 

# echo salam

salam

 

dimana baris teks ‘echo halo’ pada baris pertama adalah perintah (input), dan teks ‘halo’pada baris kedua adalah keluaran (output) dari perintah ‘echo halo’. Tanda ‘#39; dan ‘#’merupakan tingkatan penggunaan shell pada sebuah sistem operasi sesuai hak pengguna (atau user right).

 

  1. Graphical User Interface(GUI)

 

GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP( window, icon, menu, pointing device).

 

 

FITUR PADA ANTARMUKA PENGGUNA TELEMATIKA

 

Terdapat 6 macam fitur yang terdapat pada antarmuka pengguna telematika. Fitur-fituritu antara lain:

 

  1. Head Up Display System

Head Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan datatanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depandaripada melihat ke arah bawah bagian instrumen. Walaupun HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan sipil,kendaraang bermotor danaplikasi lainnya.

 

  1. Tangible User Interface

Tangible User Interface, yang disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik. Nama inisial Graspable User Interface, sudah tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI ialah Hiroshi Ishii, seorang profesor di Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media Group.Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu memberikan bentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat dimanipulasi dan diamati secara langsung.

 

  1. Computer Vision.

Computer Vision (komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesinyang melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang digunakan untuk membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar). Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video,pandangan deri beberapa kamera, data multi dimensi yang di dapat dari hasil pemindaian medis.

 

  1. Browsing Audio Data

Sebuah metode browsing jaringan disediakan untuk browsing video / audio data yang ditembak oleh sebuah IP.

 

5.Speech Recognition

Dikenal juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) atau pengenal suara komputer (computer speech recognition). Merupakan salah satu fiturantarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan. Istilah ‘voice recognition’terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech recognition dimana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa, seperti pada kasus perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu disana terdapat aspek dari pengenal pembicara, dimanadigunakan untuk mengenali siapa orang yang berbicara, untuk mengenali lebih baik apayang orang itu bicarakan. Speech recognition merupakan istilah masukan yang berartidapat mengartikan pembicaraan siapa saja.

 

  1. Speech Synthesis

Speech synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia. Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech syhthesizer dan dapat diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras. Sebuah sistem text to speech (TTS)merubah bahasa normal menjadi pembicaraan.

 

Sebagai contoh lain penggunaan fitur antarmuka pada telematika, antara lain Yahoo mail dsb.Sekarang, pengguna layanan webmail pun bisa mengakses email-nya saat sedang offline,tak terhubung dengan internet. Caranya dengan menggunakan aplikasi Yahoo! Contoh :

 

  1. Zimbra Desktop

Pada pertengahan September 2007, Yahoo mengakuisisi Zimbra, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang aplikasi email dan kolaborasi, untuk memperluas pasar online-nya. Akuisisi senilai USD350 juta itu telah membuahkan hasil. Akhir Juli lalu, versi Beta3 dari Yahoo! Zimbra Desktop telah tersedia untuk diunduh. Pemilik akun Yahoo!Mail,Gmail, dan AOL Mail adalah yang pertama bisa merasakan nikmatnya mengakses webmail secara offline.

Selain itu, Zimbra Desktop juga bisa dipakai untuk mengakses email yang mendukung IMAP (Internet Message Access Protocol) dan POP3 (Post Office Protocol). Aplikasi ini,tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OS; diposisikan untuk bersaingdengan Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird. Saat penggunanya tak terhubungdengan internet, Zimbra Desktop akan berfungsi layaknya sebuah aplikasi standalone. bisa dioperasikan untuk membaca setiap email yangtersimpan dalam inbox. Selain itu, penggunanya pun bisa melakukan beragam settingfungsi dan tampilan, serta mengakses fitur-fiturnya. Dalam keadaan online, penggunabisa menarik email-email baru ke dalam mailbox Zimbra Desktop-nya

 

  1. VideoConference

Layanan video conference merupakan layanan komunikasi yang melibatkan video dan audio secara real time. Teknologi yang digunakan untuk layanan video conference komersial pada awalnya dikembangkan di atas platform ISDN (Integrated Switch DigitalNetwork) dengan standar H.320.

 

  1. Head- Up Display ( HUD )

Sebuah head-up display, atau disingkat HUD, adalah setiap tampilan yang transparan menyajikan data tanpa memerlukan pengguna untuk melihat diri dari sudut pandang atauyang biasa. Asal usul nama berasal dari pengguna bisa melihat informasi dengan kepala“naik” dan melihat ke depan, bukan memandang miring ke instrumen yang lebih rendah.Meskipun mereka pada awalnya dikembangkan untuk penerbangan militer, HUDs sekarang digunakan dalam pesawat komersial, mobil, dan aplikasi lainnya. HUDs pertama kali diciptakan pada dasarnya statis kemajuan teknologi pemitar pesawat tempur militer.

 

  1. Tangible User Interface ( TUI )

Sebuah Tangible User Interface (TUI) adalah sebuah antarmuka pengguna di mana orang berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Nama awal Graspable User Interface, yang tidak lagi digunakan. Salah satu pelopor dalam antarmuka pengguna nyata adalah Hiroshi Ishii, seorang profesor di MIT Media Laboratory yang mengepalaiBerwujud Media Group. Pada visi-Nya nyata UIS, disebut Berwujud Bits, adalahmemberikan bentuk fisik ke informasi digital, membuat bit secara langsung dimanipulasi dan terlihat. Bit nyata mengejar seamless coupling antara dua dunia yang sangat berbedadari bit dan atom.

 

Sumber :
http://www.scribd.com/doc/42960565/Fitur-Pada-Antarmuka-Telematik1

 

Single Post Navigation

Tinggalkan Jejak anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: