Musthopz's Site

Share Everything.

IBD Artikel



Kesalah pahaman yang terjadi antara aku, ibu, dan temanku

Dalam kehidupan sehari-hari sering sekali kita temui hal-hal yang menyangkut tentang masalah konflik dan perselisihan. Terutama didalam keluarga. Pendapat atau argumentasi seorang anak dan orang tua biasanya memiliki kecenderungan perbedaan yang cukup signifikan terutama dalam pola pikirnya. Dibawah ini terdapat contoh kasus tentang perselisihan antara Ibu dan anak serta teman dekat si anak.

Seorang anak yang bernama Rani (16 th) yang duduk di bangku kelas 1 SMA sudah berteman baik dengan Sabrina (16 th). Persahabatan mereka sangat kuat bahkan setiap malam mereka berdua selalu belajar di rumah Sabrina, namun Rani membuat sebuah kesalahan karena setiap kali dia keluar dengan Sabrina dia tidak pernah izin dengan Ibu nya. Kemudian Ibu nya dirumah pun berpikir macam macam tentang Rani bahkan sampai berpikir jika anak nya sudah ada di pergaulan yang buruk.

Suatu hari ibu nya mengajak Rani untuk berbicara dua mata dan menyuruh Rani untuk menjauhi Sabrina namun Rani pun menolak keras perintah ibu nya itu dan menjelaskan apa yang sebenar nya terjadi bahwa ia keluar malam untuk belajar bukan untuk kegiatan yang negatif namun ibunya tetap saja tidak percaya pada nya dan tetap pada pendirian untuk menyuruh Rani menjauhi Sabrina.

Keesokan hari nya Rani menceritakan apa yang di katakan ibu nya kepada Sabrina dan saat di ceritakan Sabrina tidak menerima apa yang di katakan oleh ibu nya Rani dan dia marah kepada Rani, dari kejadian itu Rani pun menjadi sangat kesal kepada ibu nya dan ia pun tidak berbicara sama sekali dengan ibu nya sampai beberapa tahun dan dari ibu nya pun hanya ngotot dengan asumsi nya sendiri dan mendiamkan balik Rani.

Kasus :
Cari sebuah artikel dengan kasus hubungan antara anak & ibu yg menjelaskan bahwa anak tersebut sedang berselisih dengan ibunya selama bertahun-tahun karena ibu tersebut yang menyebabkan hubungan anaknya hancur dengan teman dekatnya.
Pertanyaan :
1. Komentari tulisan tsb menurut anda.
2. Berikan solusi utk kasus tsb.
Jawab :

  1. Menurut saya dalam posisi seorang orang tua sangat lah wajar jika ia merasakan kekhawatiran yang sangat luar biasa karena anak dan ibu memiliki batin yang sangat kuat dan juga anak tersebut adalah anak perempuan sehingga sangat rawan terjadi apa-apa dengan anaknya ketika ia pergi malam hari. Jika dilihat dalam posisi anak perempuan tersebut sebenarnya dia pun tidak salah karena dia keluar hanya untuk belajar bersama temannya tapi kesalahannya adalah karena dia tidak berbicara dahulu sebelum ia keluar untuk meminta izin kepada ibunya.

2.     Solusi nya :

·        Seharusnya lebih sering berdialog antar 1 sama lain baik ibu kepada anak maupun anak kepada ibunya. Sehingga ibunya pun dapat mengetahui perkembangan si anak, dan apa yang dilakukan oleh si anak pada saat di luar rumah.

·        Adanya keterlibatan anggota keluarga lainnya seperti ayahnya yang bertujuan untuk memberikan jalan keluar kepada mereka apabila sudah terjadi masalah seperti itu.

·        Si anak pun harus berani membuktikan bahwa ia melakukan hal yang benar di luar rumah dan membuktikan kepada ibunya bahwa pergaulannya baik-baik saja.

·        Menumbuhkan rasa saling percaya antar satu sama lain agar tidak tercipta prasangka buruk.

·        Memperbanyak ibadah agar hati tenang dan dapat mengontrol diri untuk tidak berfikir macam – macam dengan apa yang terjadi maupun yang akan terjadi.

Single Post Navigation

Tinggalkan Jejak anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: