Musthopz's Site

Share Everything.

Tugas Pendahuluan L3


Soal

1. Jelaskan apa bedanya tegangan DC dengan AC ? dan bagaimana cara mengubah sumber AC menjadi DC atau sebaliknya dari DC menjadi AC ?

2. Jelaskan karakteristik dan fungsi dari; resistor, induktor, kapasitor ?

3. Apa yang dimaksud dengan; reaktansi kapasitif, reaktansi induktif, impedansi dan frekuensi resonansi ?

4. Apa yang terjadi bila pada percobaan rangkaian RLC harga : XL > XC, XL<XC dan XL=XC. Jelaskan beserta gambar grafik fasornya ?

Jawab

1. – AC merupakan singkatan dari Alternative Current. Arus AC adalah arus listrik yang nilainya berubah terhadap satuan waktu. Arus ini dapat pula disebut dengan arus bolak-balik.

– DC merupakan singkatan dari Direct Current. Arus DC adalah arus listrik yang nilainya tetap atau konstan terhadap satuan waktu. arus ini dapat pula disebut dengan arus searah.

Perbedaan :

1) Dapat dilihat dari bentuk gelombangnya. bentuk gelombang ini dapat diteliti dengan menggunakan osiloscope. Osiloscope adalah alat yang digunakan untuk melihat gelombang sinus yang ditimbulkan tenaga AC dan DC.

2) Dapat dilihat dari metode penggunaannya. arus AC memiliki besar dan arah yang berubah-ubah secara bolak-balik. maksudnya kutub arus ini selalu berubah-ubah dari positif ke negatif dan juga sebaliknya.

Cara mengubah AC – DC

Tegangan 220 volt AC langsung disearahkan, dengan dioda yang dirangkai merupakan jembatan, kemudian diratakan dengan kapasitor dan hasilnya berupa tegangan DC 310 Volt dilewatkan ke trafoferite dan transistor power, kemudian ada rangkaian yang me on-off transistornya dengan jeda tertentu sehingga kumparan sekunder trafoferitenya dirancang menghasilkan tegangan pulsa di serahkan menjadi tegangan DC.

Cara mengubah DC – AC

Untuk menghasilkan tegangan AC adalah dengan cara mengatur keterlambatan sudut penyalaan saklar pada tiap lengan inverter sehingga mampu menghasilkan level tegangan keluaran positif dan negatif yang berulang dengan frekuensi tertentu.

2. – Karakteristik resistor adalah resistansinya dan daya listrik yang dapat diboroskan. karakteristik lain termasuk koefisien suhu, daerah listrik dan induktansi. fungsinya :

1) menghambat arus listrik

2) pembagi tegangan

3) Pengatur volume

4) Pengatur kecepatan motor

5) dll. tergantung desain komponen

– karakteristik induktor adalah komponen elektronika pasif (kebanyakan berbentuk torus) yang dapat menyimpan energi pada medan magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melintasinya. kemampuan induktor untuk menyimpan energi magnet ditentukan oleh induktansinya, dalam satuan Henry. biasanya sebuah induktor adalah sebuah kawat penghantar yang dibentuk menjadi kumparan, lilitan yang dapat membantu membuat medan magnet yang kuat di dalam kumparan di karenakan hukum induksi faraday. Fungsinya :

Fungsi utama dari induktor di dalam suatu rangkaian adalah untuk melawan fluktuasi arus yang melewatinya.

– Karakteristik kapasitor adalah struktur sebuah kapasitor terbuat dari 2 buah plat metal yang dipisahkan oleh suatu bahan diellektrik, bahan-bahan dielektrik yang umum dikenal misalnya udara vakum, keramik, gelas, dan lain-lain. Fungsinya :

Menyimpan energi atau muatan listrik di dalam medan listrik, dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik

3. – Reaktansi kapasitif : hambatan semu pada kapasitor jika dihubungkan dengan arus bolak-balik.

Musthopz

musthopz

– Reaktansi Induktif : Hambatan semu pada induktor jika dibuhungkan dengan arus bolak-balik.

musthopz

musthopz

-Impedansi: hambatan total dari resistor, induktor dan kapasitor yang dihubungkan pada tegangan bolak-balik.

musthopz

musthopz

– frekuensi resonansi terjadi jika pada rangkaian terjadi.

musthopz

musthopz

4. XL > XC Rangkaian Induktif

XL < XC Rangkaian Kapasitif

XL = XC Rangkaian Resistif / Resonansi

Dengan Fasor :

XL berada pada sumbu y+

XC berada pada sumbu y-

R berada pada sumbu x+

musthopz

musthopz

Single Post Navigation

7 thoughts on “Tugas Pendahuluan L3

  1. gan, itu bener grafiknyua gitu doang (jawaban no 4) ? soalnya gua lg dapet LP fisika soalnya mirip kya gini

    • iya gan bener. semua yang gue post disini itu jawaban gue waktu itu. dan gue ga pernah bermasalah sama Tugas pendahuluan Fisika dari awal sampe kelar🙂

      • owh ok makasih ya gan atas bantuannya, dr kmren bingung pas bikin grafiknya doang eh ternyata cuma kaya gini hahaha, makasih makasih…

        oiya gan klo bisa bantuannya dong gan buat ngerjain LA yg ini🙂

      • hahaha bukannya ga mau nih gan, tapi gue juga udah lupa-lupa gitu tentang soal LA nya.. yang pasti pesen gue kalo LA yang agak sulit biasanya di L3 sama L5.. kalo udah kebagian modul itu agan harus teliti bener”.. kalo ga salah 1 salah semua yang di bawahnya..😀

  2. wah kacau nih habis L3 minggu depannya L5 lagi😦

  3. Nuha Gunadarma on said:

    Thanks gan, ijin copas yee wkwkwk
    ane dapet materi ini buat besok gan😐
    LA nya susah ya gan😦

  4. killerbee on said:

    terima kasih banyak gan, nice post

Tinggalkan Jejak anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: