Musthopz's Site

Share Everything.

Setting Permalinks WordPress


Bagi kita yang menggunakan CMS WordPress sebuah keuntungan bisa melakukan Setting Permalinks sesuai dengan keinginan dari beberapa jenis pilihan permalinks yang telah tersedia. Sebaiknya hal ini dilakukan diawal anda memulai membuat sebuah website atau blog.

cara setting permalinks wordpress

Seperti yang saya kutip dari sumber,
Permalink adalah : URL yang menunjuk ke suatu blog atau forum tertentu masuk setelah berlalu dari halaman depan ke arsip. Karena Permalink tetap tidak berubah tanpa batas waktu. ( id.wikipedia.org/wiki/Permalink).

Sebaiknya anda melakukan Setting Permalinks ini disaat baru saja selesai melakukan install wordpress di cpanel. Karena apabila anda melakukannya setelah menulis beberapa buah artikel dan halaman yang telah dipublikasikan, dan link artikel serta halaman tersebut telah terindeks (terbaca) oleh mesin pencari maka pergantian dari default link ke permalink tersebut akan menimbulkan Craw Error atau biasa kita kenal dengan ” error 404 page not found “. Hal ini terjadi karena telah terjadi pergantian atau perubahan link pada artikel atau pada halaman yang sama dan sebelumnya halaman tersebut telah terindeks oleh mesin pencari.

Seperti yang kita ketahui format dari default link:

http://namadomain.com/?p=123

bisa kita lihat pada link tersebut yang ada hanya nama domainp untuk post / page dan angka 123 untuk no urut post / halaman tentu oleh mesin pencari link seperti itu menyulitkan untuk mengetahui judul artikel yang kita tulis, karena mesin pencari akan terlebih dahulu merayap (craw) kedalam artikel untuk membaca dan mencari kata kunci atau tag yang kita gunakan.

Namun apabila kita telah merubah link tersebut menjadi permalink maka akan terlihat berbeda, misalnya judul artikel: “settings permalink wordpress” bentuk permalinknya menjadi

http://barajablog.com/setting-permalinks-wordpress.html

Dan menurut banyak webmaster hal ini akan membuat link anda menjadi SEO friendly (lebih gampang terindeks) oleh mesin pencari, tetapi saya sendiri tidak tau pasti mengenai kebenarannya. Namun secara logika dan dilihat dari tampilan permalink yang disertai dengan judul post / halaman tersebut, bagi kita sendiri link terlihat lebih mewakili isi artikel tersebut.

Untuk melakukan Settings Permalinks, seperti biasa log in ke wp-admin pada menu Settings klik → Permalinks. Seperti yang anda lihat pada gambar dibawah, jenis permalink yang bisa digunakan.

cara setting permalink wordpress

Berikut contoh salah satu dari Permalink yang bisa digunakan:

1. Default link ini otomatis akan menjadi link di web atau blog apabila tidak ada terjadi pergantian link kesalah satu contoh permalink selanjutnya.

http://barajablog.com/?p=123

2. Day and Name akan menjadi:

http://barajablog.com/2012/05/20/setting-permalinks-wordpress/

3. Month and Name akan menjadi:

http://barajablog.com/2012/05/setting-permalinks-wordpress/

4. Numeric akan menjadi:

http://barajablog.com/archives/1053

5. Post Name akan menjadi:

http://barajablog.com/setting-permalinks-wordpress/

6. Custom Structure akan menjadi:

http://barajablog.com/setting-permalinks-wordpress.html

Blog ini menggunakan Permalinks Custom Structure (struktur sendiri) yaitu Post Name di tambah dengan .html

  • Apabila anda ingin menggunakan Permalink selain dari Custom Structure, anda tinggal klik pada jenis permalink yang akan digunakan.
  • Namun jika anda akan menggunakan Permalink Custom Structure ( struktur sendiri) maka klik pada pilihan Custom Stucture, dan copy code /%postname%.html ini ke kolom yang tersedia selanjutnya klik → Save Change.

Bagi anda yang baru saja menginstall wordpress, anda bisa melihatnya pada post atau page yang ada (bawaan) dari Tema. Saya menyarankan agar Setting Permalinks ini dilakukan hanya sekali pada web atau blog anda.

Apabila anda melakukan Setting permalink setelah ada link artikel artikel serta halaman yang telah terindeks oleh Mesin Pencari, maka akan terjadi Craw errors / ” error 404 page not found ” untuk link lama yang telah terbaca oleh mesin pencari sebelumnya yang kini telah berganti dengan link baru (permalink)..

Anda bisa mengatasi masalah dengan Redirect halaman 404 tersebut ke halaman yang anda inginkan, misalnya ke Halaman Utama (Home), About, Sitemap atau halaman lainnya. Setelah anda log in ke wp-admin, pada menu Appreance klik → Editor → 404 Template (404.php).

Selanjutnya hapus semua script yang ada pada halaman 404.php tersebut, atau ada baiknya anda simpan kode bawaan tema itu apabila suatu saat nanti diperlukan lagi. Berikutnya letakkan salah satu script dibawah ini dan klik → Update File.

1. Pada script dibawah ini ” Location ” isi dengan link halaman yang akan anda gunakan, misalnya halaman About.

<?php
header( 'Location: http://domainanda.com/about' ) ;
?>

2. Script yang kedua apabila anda ingin redirect halaman 404 tersebut anda ke halaman utama (Home).

<?php
header("HTTP/1.1 301 Moved Permanently");
header("Location: ".get_option('home'));
exit();
?>

Saya sendiri, mengatasi halaman error 404 page not found  setelah melakukan setting permalinks untuk blog ini dengan menggunakan script yang kedua maka akan di redirect ke halaman utama (Home).

sumber

Single Post Navigation

Tinggalkan Jejak anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: