Musthopz's Site

Share Everything.

Google Pinguin


update algoritma google penguinGoogle Pinguin, berapa bulan yang lalu pada tgl 24 April 2012 Google meng-update Algoritma lamanya. Yang baru tersebut dinamai Google Pinguin (google penguin). Sepertinya Google belum terlalu puas dengan kinerja google panda, algoritma terbaru ini dengan menerapkan cara kerja yang berbeda dari algoritma sebelumnya akan menyapu bersih situs-situs yang terlalu berlebihan dalam seo, serta situs-situs spam.

Dalam menentukan sebuah situs apakah berkualitas atau tidak Google Pinguin lebih mengutamakan situs yang mempunyai isi atau konten asli bukan copy paste. Bagi situs yang menerapkan blackhat SEO serta lebih mengutamakan Link Building ( memperbanyak link ) dan banyak mengisi konten dengan hasil dari copy paste akan di serang habis-habisan oleh Google Pinguin.

Google Pinguin akan kembali mempertimbangkan posisi sebuah situs apabila ada beberapa faktor yang menurut mereka terdapat dalam sebuah website atau blog.

  • Website Afiliasi yang minim konten.
  • Menyembunyikan link dengan sengaja .
  • Optimization dengan Backlink yang berlebihan .
  • Website yang Mengandung spam, trojan dan malware.
  • Menggunakan Kata kunci yang berlebihan dan tidak relevan.
  • Menggunakan Software, script dan plugin untuk mengirim Query otomatis ke google.
  • Menggunakan software maupun layanan berbayar yang diragukan cara kerjanya.

Kalau dilihat peraturannya masih sama dengan Webmaster Guidelines, tidak ada yang berubah. Selain adanya perubahan atau Update Algoritma, hal ini juga bisa bentuk peringatan dari Google untuk para pemilik website atau blog bahwa segala sesuatunya selalu dalam pengawasan mereka.

Jadi dilihat dari beberapa faktor yang ada di atas, saya rasa kita jadi bisa tahu apa yang akan dilakukan agar website atau blog kita tidak kena dampak dari Algoritma yang digunakan oleh Google Pinguin. Apabila dari awal kita mengelola dan membangun sebuah website atau blog dengan cara yang benar, saya rasa tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan segala perubahan yang di lakukan oleh Algoritma google  atau pun mesin pencari lainnya. Sebuah usaha dan kerja yang dilakukan dengan benar dan sungguh-sungguh pasti akan menikmati hasil yang baik pula, jangan kita tergoda dengan cara-cara yang cepat (instant) namun hanya bersifat sementara malah bisa menghancurkan sesuatu yang telah kita bangun dengan susah payah.

update algoritma Google panda ke Google Penguin

Bahkan menurut atau bisa juga saran dari para Master SEO dunia, agar bisa menjadi nomor satu pada mesin pencari usahakanlah agar membuat Artikel atau tulisan yang berkualitas dan asli bukan copas. Dapatkanlah backlink dari domain yang memiliki otoritas tinggi, jangan menjadikan website atau blog sebagai ladang link dan menerapkan blackhat SEO untuk mengoptimalkan pada mesin pencari. Bahkan kalau ditilik lebih dalam, berbagai macam cara yang digunakan untuk mendapatkan posisi bagus di Mesin Pencari lebih rumit dari pada membuat atau menulis artikel yang bagus itu sendiri. Tapi cenderung kita lebih tergoda karena ingin mendapatkan segalanya dengan mudah tanpa kita sadari bahwa kita telah menghabiskan waktu mencari-cari cara yang sebenarnya tidak disukai oleh Mesin pencari.

Bagaimanapun sesuatu yang berkualitas dan dibangun dengan cara yang baik dan benar akan bisa bertahan, niatkanlah untuk berbagi dan percayalah tidak ada sebuah usaha yang dimulai dengan baik dan benar itu akan menjadi sia-sia.

Dengan mengikuti aturan algoritma Google Pinguin, semoga apabila nantinya website atau blog yang anda kelola tersebut telah mendapatkan tempat dihati dari para pengunjung, segala peluang nantinya akan datang dengan sendirinya. Tinggal anda memanfaatkan peluang terebut untuk sekedar mendapatkan sedikit hasil dari jerih payah selama ini.

sumber

Single Post Navigation

Tinggalkan Jejak anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: