musthopz

Be easy with this site.

Cara Mengatasi Malware


Mengatasi Website terdeteksi Malware oleh mesin pencari GoogleArtikel kali ini adalah pengalaman yang pernah saya alami sendiri, yaitu website terdeteksi mengandung Malware oleh mesin pencari Google. Malware (perangkat perusak) termasuk virus komputer, worm, trojan, spyware (pengintai) dan adware (perangkat iklan) yang curang serta jenis-jenis perangkat lunak lainnya yang tidak di izinkan karena cenderung di gunakan untuk sebagai alat kejahatan (crimeware).

Tentunya hal ini akan berdampak besar sekali terhadap web atau blog yang mengalaminya, karena secara otomatis Mesin pencari google akan memblokir akses ke situs tersebut. Bahkan google juga akan memasukkan web atau blog tersebut kedalam situs yang menerapkan Black Hat SEO, karena di curigai (deteksi) menggunakan perangkat perusak, kode atau script yang dilarang oleh Google. Apabila tidak segera di atasi / diperbaiki bisa jadi situs tersebut di blokir secara permanen oleh google dan tidak akan lagi muncul pada halaman pencarian / SERP.

Bagaimana cara Mengatasi Website terdeteksi Malware oleh mesin pencari Google ? Saya akan berbagi pengalaman disaat pernah mengalami hal tersebut. Anda bisa simak langkah-langkah berikut ini yang harus kita lakukan apabila hal tersebut terjadi pada web atau blog.

1. Dibawah ini adalah gambar yang muncul sewaktu mengakses sebuah website atau blog yang terdeteksi Malware oleh mesin pencari Google.

Mengatasi Website terdeteksi Malware oleh mesin pencari Google

2. Pada halaman warning dari google tersebut di terangkan bahwa pada website [no.1] berisi konten dari (contains conten from) dari sebuah website [no.2] yang menyebarkan malware. Ternyata itu adalah sebuah website yang menyediakan layanan jasa backlink gratis, yang linknya saya letakkan pada widget. Ternyata link dari website tersebut mengandung script yang dilarang oleh Google.

3. Langkah selanjutnya Log in ke wp-admin mencari dan menghapus link tersebut. Kemudian coba anda buka / akses kembali web atau blog tersebut dari Browser. Apabila bisa diakses kembali berarti web atau blog anda telah terbebas dari Malware.

Namun untuk lebih meyakinkan agar website benar-benar terbebas dari malware, anda bisa memeriksanya di google webmaster tools. Setelah log in, pada halaman dashboard klik > Health > Malware untuk memeriksa apakah website masih terdeteksi mengandung Malware oleh google. Apabila muncul notification (pemberitahuan) seperti gambar disebelah kanan, Berarti web atau blog anda benar-benar telah bersih / terbebas dari Malware.

memeriksa malware di google webmaster toolsmemeriksa malware di google webmaster tools

About these ads

Single Post Navigation

Tinggalkan Jejak anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 292 other followers

%d bloggers like this: